MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

July 18, 2013

Penyebab Mimisan Pada Orang Dewasa

Baca Artikel Lainnya

Mimisan, atau dalam istilah medis disebut epistaksis, terjadi ketika perdarahan di hidung melepaskan darah melalui lubang hidung. Dalam kebanyakan kasus, mimisan umumnya keluar dari septum hidung, tetapi beberapa juga kelur dari bagian lebih di hidung. Meskipun mimisan terlihat menakutkan, sebagian besar kondisi yang menyebabkan mimisan tidak begitu serius atau mengancam nyawa Anda. Berikut adalah penyebab dari mimisan yang seringkali dialami oleh orang dewasa, seperti dilansir Livestrong.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcaoH5yYZll7bCymhTvEJlk9h-yVaEa2Ge2WE9WwyaUnDTCwdCFX_J-dMQ_OPjuDLpBFEQu03njXNeKPmWS3KPbf-vTMA2yYKWDKPqcv4gXgiqMRm3WF9Ppa4c-PCTFAn_La3PehUmB-Z4/s320/Mimisan2.jpg

 

Fraktur nasal

Fraktur nasal terjadi ketika trauma fisik pada hidung menyebabkan kerusakan tulang rawan di hidung. Fraktur nasal biasanya terjadi sebagai akibat dari cedera selama berolahraga, jatuh atau kecelakaan. Segera setelah kecelakaan, rasa nyeri akan menjalari hidung Anda. Kemudian hidung mulai berdarah, dan Anda akan menjadi sulit bernapas. Bagian dalam dan luar hidung kemudian membengkak, dan muncul memar di bawah dan di sekitar mata, menurut American Academy of Otolaryngology.

Septum menyimpang

Septum hidung adalah dinding tipis yang memisahkan rongga hidung menjadi dua bagian. Dalam kasus ideal, septum hidung membagi saluran hidung menjadi dua ruang yang sama. Mereka dengan septum menyimpang memiliki septum hidung yang miring ke satu sisi hidung, yang membuat salah satu bagian hidung yang lebih kecil dari yang lain. Septum menyimpang bisa muncul pada saat kelahiran atau mungkin akan berkembang di kemudian hari sebagai akibat dari cedera hidung. Gejala septum menyimpang meliputi mimisan, kesulitan bernapas, hidung tersumbat, infeksi sinus berulang dan bunyi tarikan napas yang bising saat tidur, menurut MayoClinic.com.

Penyakit von Willebrand

Darah mengandung protein yang disebut faktor koagulasi yang memungkinkan darah untuk membeku untuk menghentikan pendarahan. Jika salah satu dari protein ini hilang, darah tidak bisa menggumpal dengan benar, yang mengakibatkan pendarahan berlebihan atau abnormal. Penyakit von Willebrand adalah penyakit keturunan di mana faktor von Willebrand hilang dari darah. Hal ini menyebabkan perdarahan dari menstruasi, gusi, dan luka memar, ruam kulit dan mimisan jadi tidak normal dan cenderung berlebihan. Sebagian besar kasus penyakit von Willebrand adalah ringan dan dapat dikontrol dengan obat-obatan, menurut MedlinePlus. Beberapa kasus mungkin memerlukan suntikan reguler plasma darah yang mengandung faktor von Willebrand.

Inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan mimisan pada orang dewasa. Meski terdengar tidak membahayakan, bukan berarti mimisan tidak berbahaya sama sekali. Anda tetap harus waspada terhadap kondisi tersebut.







references by 

 
Like us on Facebook