MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

October 25, 2014

Indonesia Menjadi Juara Umum Kompetisi Matematika Di India

Baca Artikel Lainnya

Tim Indonesia menjadi juara umum dalam kompetisi matematika tingkat dunia di India. Dalam Wizards At Mathematics International Competition (WIZMIC) 2014, putra-putri Indonesia mempersembahkan delapan medali emas, lima medali perak dan tiga medali perunggu. 


Indonesia mengirimkan 16 siswa yang terbagi menjadi empat tim pada kompetisi yang dilaksanakan di City Montessori School (CMS) Lucknow, India, 18-21 Oktober 2014.

Peraih medali emas adalah Dick Jessen William (SMP Santa Maria Pekanbaru), Ignatius Kent Hastu Parahita (SMPN 26 Surabaya), Alfian Edgar Tjandra ( SMP Springfield Depok), Irfan Urane Aziz (SMPN 2 Depok), Fauzan Rafif Widyanto (SMPN 211 Jakarta), Pikatan Arya Bramajati ( SDN 2 Sokanegara Purwokerto), Muhammad Surya Siddiq (SMPIP Daarul Jannah Kab. Bogor) dan Rio Alexander Audino (SMPN 1 Singaraja Bali).

Peraih medali perak adalah Novianita Isnaynizahra (SMPIT Ummul Quro Bogor), Muhammad Hanif Afisena Nasution (SMPI Al Azhar 8 Kemang Pratama Bekasi), Mohammad Faraz Abisha Mirza (SMPI Al Azhar 8 Kemang Pratama Bekasi), Vania Rizky Juliana Wachid (SMPN 1 Surabaya) dan Azzahid A. Fairuzhaq Poeloengan (SMPN 1 Kota Bogor).

Sedangkan peraih medali perunggu adalah Armand Khalif Susetyo (SMP Labschool Kebayoran Jakarta), Hanan Fahmi (SMPI Al Azhar 12 Jakarta) dan Adinda Putri Salsabila (SMPN 1 Surabaya).

Secara tim, Indonesia meraih penghargaan satu medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu. 

Tim Indonesia A yang diwakili Dick Jessen William, Alfian Edgar Tjandra, Novianita Isnaynizahra dan Irfan Urane Aziz mendapat medali emas untuk kategori Team Award. Mereka juga mendapatkan penghargaan Champion Overall untuk kategori tim, sebuah penghargaan tertinggi untuk kategori tersebut. Tim Indonesia A ini menduduki peringkat pertama dari 43 tim yang mengikuti lomba WIZMIC 2014.

Tim Indonesia B yang diwakili Muhammad Surya Siddiq, Fauzan Rafif Widyanto, Ignatius Kent, Azzahid AF Poeloengan beserta dan Tim Indonesia D yang diwakili Rio Alexander Audino, Pikatan Arya Bramajati, Hanan Fahmi, Armand Khalif Susetyo meraih medali perak untuk kategori Team Award.

Tim Indonesia C yang diwakili Muhammad Hanif Afisena Nasution, Mohammad Faraz Abisha Mirza, Vania Rizky Juliana Wachid dan Adinda Putri Salsabila meraih medali perunggu untuk kategori Team Award.

Dalam kategori Group Award, Indonesia meraih penghargaan dua medali emas yang diraih Tim Indonesia A dan B, serta dua medali emas yang diraih Tim Indonesia C dan D.

Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Ridwan Hasan Saputra mengatakan, hasil WIZMIC 2014 kali sangat membanggakan bangsa Indonesia, karena jauh lebih baik dari yang diraih sebelumnya pada 2011. Ketika itu Indonesia hanya mendapatkan dua medali emas, lima medali perak dan sembilan medali perunggu. 

"Tahun ini ada 172 siswa peserta kompetisi yang berasal dari berbagai negara seperti Thailand, Philipina, Afrika Selatan dan tuan rumah India," kata Ridwan. 

Ridwan menambahkan, dalam ajang itu, perwakilan Indonesia juga memperkenalkan budaya Tanah Air. Mereka mendapat sambutan meriah pada acara Cultural Night ketika menampilkan Tari Tor-Tor.

Tim Indonesia Juara Umum Lomba Matematika di India  
















refernces by okezone
photo by kpm

 
Like us on Facebook