MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

March 17, 2015

Fenomena Astronomi Pada 2015

Baca Artikel Lainnya

Ada fenomena langit apa saja tahun ini? Berikut prediksinya seperti dikutip dari blog Beritakok, Jumat (13/3/2015).

1. Vernal Equinox (Sabtu, 21 Maret 2015)

Vernal equinox yaitu waktu di mana Matahari ada di perpotongan ekliptik serta ekuator sebelumnya setelah ada di selatan ekuator. Pada hari ini Matahari pas ada di khatulistiwa hingga panjang siang serta malam di semua belahan bumi pas 12 jam. Ini dapat mengisyaratkan bakal bertukarnya musim hujan dengan musim kemarau di Indonesia. Sedang di belahan bumi utara mengisyaratkan bakal datangnya musim semi serta di belahan bumi selatan mengisyaratkan bakal datangnya musim gugur.

2. Gerhana Bulan Total (Sabtu, 4 April 2015)

Gerhana bulan total yang terjadi pada hari ini merupakan satu dari dua gerhana bulan total yang terjadi tahun ini. Sayangnya, pada gerhana bulan total kedua yang bakal terjadi pada tanggal 28 September 2015 tak ada satupun lokasi Indonesia yang bisa melihat. Gerhana bulan hari ini bakal berlangsung pada jam 17:15 s/d 20:45 WIB untuk fase gerhana beberapa. Sedangkan untuk fase gerhana keseluruhan bakal berjalan pada 18:54 s/d 19:06 WIB.

3. Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids (Jumat, 8 Mei 2015)

Hujan meteor puncak pada hari ini diprediksikan bakal tampak sampai 30 meteor setiap jam. Meteor-meteor Eta Aquarids bakal tampak melesat dari arah rasi Aquarius yang ada di arah timur sesudah tengah malam sampai matahari terbit.

4. Elongasi Maksimum Venus (Minggu, 7 Juni 2015)

Venus meraih ketinggian maksimum di langit barat waktu senja. Ketinggiannya meraih 45, 4 derajat dari Matahari. Karena itu planet Venus tampak jelas dari Bumi. Sesudah hari ini, ketinggian Venus bakal berangsur-angsur menyusut sampai pada akhirnya ada di segi Matahari hingga tidak tampak pada pertengahan Agustus 2015. Kemudian Venus bakal tampak kembali di langit timur waktu fajar.

5. Konjungsi Venus serta Jupiter (Rabu, 1 Juli 2015)

Pada hari ini, dua planet yaitu Venus dan Jupiter bakal terlihat dari Bumi. Keduanya bakal tampak sangatlah dekat dengan jarak seputar 20, 1 menit busur atau sekitar 2/3 diamater bulan.

6. Puncak Hujan Meteor Perseids (Kamis, 13 Agustus 2015)

Hujan meteor ini bisa dibilang merupakan hukan meteor terindah tahun 2015. Diprediksikan Perseids yang terdaftar juga sebagai hujan meteor paling banyak membuahkan fireball ini bakal membuahkan sampai 100 meteor setiap jam waktu puncak. Meteor-meteor Perseids bakal tampak melesat dari arah rasi Perseus yang ada di timur laut sesudah tengah malam sampai mendekati matahari terbit.

7. Konjungsi Venus, Jupiter serta Mars (Kamis, 28 Oktober 2015)

Saat ini 3 planet sekalian, yaitu Venus, Jupiter serta Mars, bakal tampak berdekatan. Venus bakal tampak ada di antara Jupiter serta Mars di mana jarak Venus ke kedua planet sekitar 2,5 derajat.

8. Puncak Hujan Meteor Leonids (Rabu, 18 November 2015)

Pada puncaknya hari ini diprediksikan bakal tampak sampai 20 meteor setiap jam. Meteor-meteor Leonids bakal tampak melesat dari arah rasi Leo yang ada di timur sesudah tengah malam sampai mendekati matahari terbit.

9. Puncak Hujan Meteor Geminids (Senin, 14 Desember 2015)

Geminids adalah hujan meteor paling akhir pada tahun 2015 yang berjalan pada tanggal 7 s/d 17 Desember 2015. Pada puncaknya hari ini diprediksikan bakal tampak sampai 90 meteor setiap jam. Meteor-meteor Geminids bakal tampak melesat dari arah rasi Gemini yang ada di barat saat awal hari sampai mendekati matahari terbit.




 
Like us on Facebook