MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

November 22, 2015

Inilah Makanan Penyebab Penurunan Kekebalan Tubuh

Baca Artikel Lainnya

ubuh manusia dianugerahi kemampuan untuk menangkal berbagai pengaruh buruk penyakit. Tubuh memberikan perlawanan ketika zat asing masuk ke badan sebelum sempat melakukan penginfeksian. Sistem kekebalan tubuh ini mesti dijaga agar kondisi selalu prima.

Namun, sistem kekebalan atau imun ini akan menurun kemampuannya apabila terganggu oleh kebiasaan yang buruk atau pencetus lainnya. Misalnya merokok, minum alkohol, stres,  dan sebagainya. Salah konsumsi pada beberapa jenis makanan menyebabkan turunnya sistem imun. Dikutip dari AntaraNews, makanan tersebut adalah:



Daging Merah
Lemak jenuh banyak ditemukan pada daging merah. Kelebihan makan daging merah menyebabkan resiko kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, dan penyakit lain yang berhubungan dengan penurunan imun tubuh.

Mentega dan Margarin
Lemak tak jenuh pada mentega dan margarin berkontribusi pada terjadinya inflamasi. Menurut direktur dari Yale Prevention Research Center di Connecticut AS, kandungan lemak tak jenuhnya juga bisa mengganggu imun tubuh dan kesehatan jantung. Kedua makanan ini bisa diganti dengan minyak zaitun dan kanola yang dapat memperkuat sistem imun.

Produk Susu Tinggi Lemak
Produk olahan susu berlemak tinggi merupakan sumber lemak jenuh. Anda bisa memilih susu, yoghurt, keju, atau makanan lain rendah lemak sebagai gantinya.

Banyak Mengonsumsi Gula
Kandungan gula banyak ditemukan pada berbagai makanan manis. Seperti permen, sirup, selai, dan sebagainya. Kalau tubuh Anda mengonsumsi gula berlebihan sampai 8 sendok makan per hari, sel darah putih berkurang kemampuannya sampai 40 persen untuk menangkal penyakit. Efeknya terasa selama lima jam setelah gula tersebut mengendap selama 30 menit.






references by sidomi

 
Like us on Facebook