September 18, 2016

Cara Ubah/Beli Di Tokopedia agar Bisa Dengan Kurir lain

Saat artikel ini ditulis, Tokopedia bekerja sama dengan 10 agen logistik . Pelacakan otomatis status pengiriman hanya bisa dilakukan jika penjual menggunakan agen logistik yang bekerja sama dengan Tokopedia. Seringkali ketika kamu berbelanja, kenapa kok Toko nya gak bisa pakai ATAU GAK ADA PILIHAN Kurir A, Kurir B atau Kurir C.





Bisnis jasa pengiriman semakin berjamur seiring tren berbelanja online,
namun Jasa pengiriman/Ekspedisi yang aman dan cepat sampai ke tangan pelanggan, dan pelayanan disosial media yang ceepat tanggap tentu akan lama bertahan dan dipilih konsumen

Jasa kurir yang tersedia di Tokopedia
Tokopedia terhubung dengan 10 agen logistik, yaitu:

1. JNE

Customer Service
Contact Center: (62-21) 2927 8888
Office: (62-21) 566 5262
Fax: (62-21) 5671413
Email: customercare@jne.co.id
Twitter JNE

Facebook JNE

2. TIKI
Customer Service
Jl. Raden Saleh Raya No. 2 Jakarta 10430 Indonesia.
Telp    : (62-21) 500 125
Fax     : (62-21) 319 07 901
Email : csr@tiki-online.com

3. POS INDONESIA
Contact Center Pos Indonesia 161
Fixed line 161
Handphone: Kode Area +161
Care Online : www.posindonesia.co.id, klik menu "Layanan Pelanggan" klik Keluhan ]
Atau KLIK DISINI
(setelah di klik Tunggu 5 detik, lalu klik tulisan "SKIP AD" di pojok kanan atas)

Twitter: https://twitter.com/@PosIndonesia

4. WAHANA
Customer Service:

Wilayah Jakarta:WA: 0856945346972
EMAIL : cs1@wahana.com
Wilayah Banten:WA: 0882110366973
EMAIL : cs2@wahana.com
Wilayah Jawa Barat:WA: 085939960425
EMAIL : cs3@wahana.com
Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara:WA: 0878890379202
EMAIL : cs7@wahana.com
Wilayah Kalimantan, Maluku, Sulawesi, dan Papua (Kamasupa):WA: 081586633293
EMAIL : cs8@wahana.com
Wilayah Jawa Tengah:WA: 0812939489824
EMAIL : cs9@wahana.com
Wilayah Sumatra:WA: 0896586576263
EMAIL : cs10@wahana.com
RETUR (khusus untuk paket dengan status pengiriman retur)WA: 089670748264 / 089671868151
EMAIL : cs.retur@wahana.com
EMAIL : cs.retur1@wahana.com

5. SiCepat
Customer Service
Call Centre: 021-2933 7086
www.sicepat.com/contact

6. Pandu Logistik
Customer Service
Hotline : 021-30009000

7. GOJEK
Customer Service
Hotline: (021) 50251110
www.go-jek.com/contact

Cara menggunakan GO-SEND

DESKTOP PC/LAPTOP

  1. Pilih produk, lalu klik ikon Beli 
  2. Isi Alamat Tujuan 
  3. Pilih kurir pengiriman GO-JEK dan paket pengiriman GO-SEND 
  4. Klik Pilih Lokasi Tujuan Dalam Peta dan tentukan lokasi pada peta sesuai dengan alamat tujuan Anda. 
  5. Klik Beli Produk Ini 
  6. Klik Bayar untuk beralih ke halaman keranjang belanja 
  7. Pilih metode pembayaran, lalu klik Checkout. Untuk pengiriman dengan GO-SEND, pastikan Anda menggunakan metode pembayaran instan (otomatis terverifikasi) 
  8. Pada halaman ringkasan pembayaran klik Bayar Sekarang Ongkos kirim ini akan otomatis dihitung ke dalam total transaksi sehingga Anda tidak perlu lagi membayar ke kurir GO-JEK 



8. RPX
Customer Service
LAYANAN BEBAS PULSA: 0-800-1-888-900 ( call centre)

9. Cahaya Logistik
Customer Service
Email : pic@cahayalogistik.com
Telp :  0851 0239 1111 & 0812 8023 2576

10. First Logistik
Customer Service
Coorporate : 021 - 73880707 (Hunting)
Retail & E-commerce : 021 - 7351907 (Hunting)

11. Ninja Xpress
Silakan hubungi Customer Care Ninja Xpress melalui: 
Call Center Ninja Xpress: 085574670049 
Email: support_id@ninjaxpress.co


12. REX Kiriman Express
Call Center REX Cargo: 021-56958333
Email: rex-care@rex.co.id

13. J&T Express

Syarat dan ketentuan pemesanan dengan J&T Express
  1. J&T Express tidak bertanggung jawab atas:
    - Kehilangan atau kerusakan dokumen atau barang yang diakibatkan ketidak sempurnaan pembungkusan oleh penjual;
    - Keterlambatan, kehilangan, kerusakan dan biaya-biaya yang timbul akibat kelalaian penjual; dan
    - Denda, kehilangan atau kerusakan selama paket berada dalam penahanan Bea dan Cukai atau pejabat berwenang lainnya.
  2. J&T Express tidak menerima barang berbahaya, obat-obat terlarang, emas dan perak, uang logam, abu, cyanide, platinum dan batu atau metal berharga dan perangko dan barang curian, cek tunai, money order, atau traveller’s cek, surat, barang antik, lukisan antik, binatang atau tanaman hidup.
  3. Apabila penjual mengirimkan barang-barang tersebut tanpa sepengetahuan J&T Express, maka penjual membebaskan J&T Express dari seluruh klaim atas kerusakan, biaya yang mungkin timbul serta tuntutan dari pihak mana pun.
  4. J&T Express hanya bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang dialami pelanggan akibat kerusakan atau kehilangan yang disebabkan oleh kelalaian karyawan atau agen J&T Express.
  5. J&T Express menawarkan asuransi dengan biaya 0,25 % dari harga barang yang tertera pada invoice.
  6. Untuk paket yang tidak diasuransikan, penggantiannya maksimal 10 atau senilai harga produk (diambil dari harga terendah).
  7. Jika saat pengantaran paket, kurir sudah menghubungi pembeli sebanyak tiga kali selama dua hari, atau pembeli menolak menerima paket tersebut, maka pihak J&T Express berhak untuk melakukan retur barang kepada pihak penjual. Dengan catatan sudah melakukan konfirmasi ke Tokopedia terlebih dulu dan paket belum dibuka.

Cutomer Service
Address:Landmark Pluit
Unit B1 Floor 8,9,10
Jl. Pluit Selatan Raya, Jakarta Utara, 14450
Phone:0800-100-1188


https://www.facebook.com/JT-Express-Indonesia-1453398691644696/




Namun, jika kamu mengalami kendala sehingga tidak bisa menggunakan kurir yang tersedia, sebaiknya informasikan ke pembeli terlebih dulu. Apabila pembeli setuju, penjual tetap harus memasukkan nomor resi saat Konfirmasi Pengiriman agar pembeli dapat melakukan Konfirmasi Penerimaan.

KAMU SEBAGAI TOKO PENJUAL

Cara mengubah dukungan kurir/logistik yang ingin disediakan
  1. Klik ikon  lalu pilih Pengaturan Toko
  2. Pilih tab Pengiriman
  3. Pilih kota asal dan isi kode pos yang sesuai dengan kota asalmu
  4. Klik agen logistik dan paket layanan yang mau kamu pakai DI Toko Milikmu
  5. Klik Simpan



KAMU SEBAGAI PEMBELI
Mengapa kurir tertentu tidak bisa dipilih?
Jika kurir yang ingin kamu gunakan tidak bisa dipilih sat membeli barang di Tokopedia, berikut hal yang perlu diperhatikan:
Pastikan kurir tersebut menjangkau wilayah kamu/Ada di tempat tinggal kamu.
  1. Pastikan lokasi penjual mendukung pengiriman ke alamat pembeli
  2. Khusus pengiriman dengan Pos Indonesia, pastikan kode pos yang dimasukkan pada AKUN TOKOPEDIA kamu sudah tepat. Klik Menu "Pengaturan", Klik "Daftar Alamat", Klik Tulisan "UBAH" , Ubah Kode Pos, Nama Klurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten. Sesuai dengan yg ada di Data Kode Pos Indonesia
  3. Jika kode pos salah, pilihan kurir Pos Indonesia tidak akan muncul atau tidak bisa dipilih.
  4. Jika Layanan kurir tertentu tidak muncul di pilihan, tanyakan kepada Toko yang bersangkutan untuk mengaktifkan jasa KURIR yang kamu masukud ingin digunakan.
  5. Pilihlah kurir yang murah dan juga aman saat sampai lokasi kamu..
notes:


Untuk GOJEK 
kini di Tokopedia sudah tersedia pilihan pengiriman menggunakan GO-SEND yang didukung oleh GO-JEK. Dengan layanan ini, produk yang kamu pesan bisa lebih cepat sampai, bahkan belanja dan terima pesanan bisa di hari yang sama.
 
Mulai hari ini, Toppers yang berdomisili di daerah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya sudah bisa merasakan mudah dan cepatnya pengiriman dengan GO-SEND, hanya dengan tarif datar Rp 10.000 selama masa promo (19 – 31 Mei 2016). Tarif datar ini hanya berlaku untuk pengiriman di wilayah yang sama, misalnya alamat pick up dan alamat tujuan berada di wilayah Jabodetabek.







Syarat dan Ketentuan Pengiriman dengan GO-SEND

Berikut syarat dan ketentuan pemesanan dengan GO-SEND:
  1. Saat ini Gojek memiliki dua Service layanan pengiriman Pick Up yaitu Instant Delivery dan Same Day Delivery.
  2. Instant Delivery adalah pengiriman instan dengan waktu estimasi pengiriman barang akan sampai ke pembeli adalah 4 (empat) jam. Untuk jenis pengiriman Instant Delivery satu kurir hanya akan melakukan pickup untuk satu orderan/invoice dan sekarang ini baru tersedia di wilayah Jabodetabek, Bandung, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Surabaya, Yogyakarta.
  3. Same Day Delivery adalah sistem pengiriman dengan estimasi waktu satu hari sampai, serta memiliki area jangkauan pengiriman adalah region Jabodetabek.
  4. Untuk Same Day Delivery, driver akan datang untuk mengambil barang dengan estimasi maksimal 3 jam* setelah penjual melakukan Request Pick Up. Setelah itu, proses pengantaran barang akan memiliki estimasi maksimal adalah 5 jam*. Untuk jenis pengiriman Same Day Delivery kurir dapat melakukan multi pickup.
  5. Cut Off Time atau batas waktu request pick up untuk Instant Delivery dan Same Day Delivery adalah pukul 09.00-16.00 WIB. jika request pick up di atas jam tersebut maka request pick up dianggap tidak valid, dan penjual harus melakukan request pick up kembali pada keesokan harinya.
  6. Untuk layanan Same Day Service, jika di hari yang sama pesanan belum di pick up oleh driver sehingga dapat mengakibatkan terjadinya pembatalan order baik itu melalui driver, customer service, atau jasa pengiriman pick up yang dipilih, maka sistem Tokopedia akan melakukan pergantian jasa pengiriman pick up lain secara random pada keesokan harinya.
  7. Agar memudahkan proses pelacakan pengiriman, GO-SEND menghadirkan fitur SMS live tracking kepada pengguna Tokopedia. Fitur ini mulai aktif per 23 Agustus 2017. Berikut notifikasi yang nantinya akan muncul di(handphone atau akun) Anda:
    “Terima kasih telah memilih GO-SEND! Paket Anda dari Tokopedia akan segera diantar. Klik tautan untuk melihat status paket".
  8. Maksimal jarak tempuh pengiriman untuk layanan Instant Delivery dan Same day Delivery adalah 40 KM.
  9. Ukuran maksimum pengiriman barang untuk Instant Delivery adalah 70cm (Panjang) x 70cm (Lebar) x 50cm (Tinggi) dan berat maksimal 20kg
  10. Ukuran maksimum pengiriman barang untuk dan Same Day Delivery adalah 40cm (Panjang) x 40cm (Lebar) x 17cm (Tinggi) dan berat maksimal 7kg.
  11. Jika request order dilakukan diluar sistem (website/aplikasi) Tokopedia, maka layanan pengiriman Gojek dianggap tidak berlaku.
  12. Harga pengiriman barang untuk Instant Delivery pada wilayah Jabodetabek adalah Rp20.000, untuk 8 km pertama, dan tambahan Rp2.500/ km, setelahnya. Sedangkan, untuk wilayah Bandung, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Makassar adalah Rp15.000 (Flat).
  13. Harga pengiriman barang untuk Same Day Delivery adalah Rp15.000 (Flat).
  14. Gojek memberikan biaya ganti rugi untuk kehilangan barang/produk sampai dengan maksimal Rp 10 Juta. selama produk tersebut sesuai dengan informasi yang diberikan. Nominal penggantian akan berdasarkan bukti pembelian dan/atau mengacu kepada nilai wajar harga produk.

Sebagai Pembeli

Cara memilih pengiriman GO-SEND saat membeli
GOSENDbisa kamu gunakan untuk pemesanan dari toko yang beralamat di wilayah yang sama dengan wilayahmu. Cara menggunakan layanan ini pun sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:
1. Lakukan pembelian seperti biasa, pilih GO-JEK lalu klik paket pengiriman SEND.
2. Klik Pilih Lokasi Tujuan dalam Peta dan tentukan lokasi pada peta sesuai dengan alamat tujuan kamu. Lokasi yang dipilih akan otomatis tersimpan dan bisa kamu gunakan saat pemesanan berikutnya.
belanja di tokopedia kirim pakai gojek
3. Setelah itu, lanjutkan pemesanan seperti biasa.


Sebagai Penjual

Cara mengaktifkan pengiriman GO-SENDdi tokomu
Untuk Toppers yang memiliki toko dengan asal pengiriman dari Jakarta, yuk aktifkan pilihan SEND dengan cara:
1. Login ke akun Tokopedia kamu, lalu masuk ke halaman Pengaturan Toko dan pilih tab Pengiriman.
2. Pilih Kota Asal pengiriman, lalu isi Alamat Pickup dan klik Pilih Lokasi Pickup.
3. Pin peta sesuai dengan Alamat Pickup. Alamat dan Lokasi Pickup harus diisi sesuai dengan lokasi pengambilan produk yang akan dituju oleh driver GOJEK nantinya.
belanja di tokopedia kirim pakai gojek
4. Centang pada pilihan GO-JEK dan GO-SEND, lalu klik Simpan.
5. Selesai, toko kamu sudah mendukung layanan pengiriman dengan GO-SEND

Syarat dan ketentuan pengiriman dengan GO-SEND
1. Request pickup driver GO-JEK harus dilakukan lewat website Tokopedia/aplikasi Tokopedia selama pukul 06.00 – 16.00 WIB.
2. Batas respon pesanan hanya 2 hari terhitung sejak pembayaran diverifikasi, dan 1 hari untuk konfirmasi pengiriman terhitung sejak pesanan direspon.
3. Jika pemesanan kurir dilakukan di luar website/aplikasi Tokopedia, maka layanan pengiriman GO-KILAT tidak berlaku.
4. Ukuran maksimum produk 40cm (panjang), 40cm (lebar), dan 17cm (tinggi), dan berat 7kg.
5. GO-JEK memberikan biaya ganti rugi untuk kehilangan produk sampai dengan Rp 10 juta, selama produk tersebut sesuai dengan informasi yang diberikan. Nominal penggantian akan berdasarkan struk pembelian dan/atau mengacu kepada nilai wajar harga produk.
Saat mendapat pesanan dengan pengiriman GO-KILAT, kamu tinggal lakukan konfirmasi pengiriman dengan klik tombol Pickup, lalu driver GO-JEK akan datang mengambil pesanan dan mengantarkannya ke pembeli.

Dengan GO-SEND pembeli ataupun penjual sama-sama diberi kemudahan. Selain pesanan bisa sampai lebih cepat ke pembeli, penjual pun berpeluang untuk mendapat ulasan yang memuaskan karena proses pengiriman pesanan lebih cepat.


Customer Service

Head Office

Pasaraya Blok M Gedung B Lt. 6, 
Jalan Iskandarsyah II No.7, RW. 2, Melawai, Kebayoran Baru, RT.3/RW.1, Melawai, Kby. Baru, 
Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

http://facebook.com/gojekindonesia







Syarat dan Ketentuan Pengiriman dengan Grab



Grab merupakan layanan kurir yang memberlakukan service Instant, Same Day dan Next Day Delivery. Apabila Anda ingin mengaktifkan Grab sebagai layanan pengiriman dengan sistem pick up, Anda diharapkan membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum menggunakan layanan kurir yang terkait.
Anda dapat menghubungi Customer Service Grab melalui Call Center Grab:
Khusus untuk layanan Instant dan Same Day Delivery: 021-80648777
Untuk Next Day Delivery: 021-80648788 (24 jam) atau 021-7803354
Email: grabparcel.id.support@grab.com

Cara Mengirim dengan Grab

Jika Anda mendapat pesanan dengan pilihan pengiriman Grab Parcel, batas respon pesanan hanya 2x24 jam terhitung sejak pembayaran diverifikasi. Konfirmasi pengiriman (request pick up) Grab Parcel pun terhitung 2x24 jam sejak pesanan direspon. Karena itu, segera respon dan kirim pesanan dengan cara:
  1. Login ke akun Tokopedia Anda.
  2. Klik ikon , lalu klik Pesanan Baru.
  3. Pastikan alamat di Lokasi Pickup sudah sesuai dengan lokasi pengambilan produk yang akan dituju oleh kurir.
  4. Klik Respon Pesanan.
  5. Setelah itu, masuk ke halaman Konfirmasi Pengiriman.
  6. Klik PICKUP untuk memesan kurir Grab Parcel. Pemesanan kurir Grab Parcel hanya bisa dilakukan pada pukul 09.00 s.d 16.00 WIB.
  7. Anda TIDAK PERLU membayar ke kurir, karena sistem Tokopedia akan otomatis memproses ongkos kirim ke Grab Parcel.
  8. Periksa status dan info (nomor order/resi, nama, dan nomor handphone) kurir Grab Parcel yang sudah Anda pesan pada tab Status Pengiriman.
  9. Setelah kurir datang dan mengambil paket untuk diantar, Anda bisa melihat status paket dengan klik Lacak.

Syarat dan Ketentuan Pengiriman dengan Grab

  1. Saat ini Grab memiliki tiga Service layanan pengiriman Pick Up yaitu Instant DeliverySame Day Delivery, dan Next Day Delivery.
  2. Konfirmasi orderan untuk pengiriman Pick Up adalah:
    • Batas waktu respons pesanan (terima/tolak/terima sebagian) adalah2x24 jam terhitung sejak pembayaran diverifikasi.
    • Setelahnya batas waktu untuk konfirmasi pengiriman/request pick up adalah 2x24 jam (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional) terhitung sejak pesanan di respons.

      *Apabila respons pesanan dilakukan di awal waktu maka sisa waktu respon pesanan akan diakumulasikan ke batas waktu konfirmasi pengiriman/request pick up. 
      Contoh: Budi memesan barang di Toko A, kemudian notifikasi pesanan masuk dan 1 jam kemudian penjual melakukan konfirmasi terima pesanan. Maka sisa waktu 23 jam akan di tambahkan ke batas waktu konfirmasi pengiriman menjadi 1 hari 23 jam.
  3. Grab tidak menyediakan layanan pengemasan khusus untuk jasa pengiriman. Penjual bertanggung jawab untuk mengemas produk yang akan dikirim. Untuk produk yang terbuat dari kaca, keramik, serta produk yang cepat rusak (contohnya makanan, es krim, bunga segar, dan lain-lain) disarankan agar dilakukan pengemasan secara khusus. Grab tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau perubahan bentuk yang terjadi atas pengiriman produk-produk tersebut.
  4. Jenis makanan yang hanya dapat dikirim menggunakan layanan Same Day Delivery, namun tidak bisa menggunakan Next Day Delivery, adalah:
    a. Berupa makanan basah/segar yang mudah basi, layu, atau rusak (contoh: daging, sayur, buah).
    b. Makanan yang bersifat rapuh / mudah rusak (contoh: cake, cookies); dengan syarat paket harus di kemas baik. Apabila ada keluhan kondisi isi makanan (contoh : wafer) rusak sedangkan kemasan luar masih dalam keadaan baik maka klaim tidak di terima.
    c. Makanan atau minuman yang mudah basi (contoh: susu segar, santan).
    d. frozen food (contoh: cireng, donut, kebab, chicken nugget).
    e. Pihak seller bertanggung jawab untuk memastikan agar paket yang akan dikirimkan dikemas dalam keadaan yang memadai disesuaikan pada jenis paket tersebut. Hal ini diwajibkan agar memastikan paket dapat di kirim dan ditangani oleh pihak operasional kurir dan dapat dipastikan terkirim dalam keadaan baik.
  5. Jenis makanan yang tidak dapat dikirim sama sekali:
    Makanan yang mudah berubah bentuk / butuh temperature khusus (contoh: es krim, mentega)
  6. Klaim atas kerusakan makanan hanya dapat dilakukan apabila pengiriman melebihi batas waktu yang ditentukan.
  7. Grab berhak menolak kiriman makanan atau minuman yang tidak dikemas secara tidak layak.
Layanan Instant dan Same Day Delivery
  1. Untuk Layanan Instant dan Same Day Delivery, area pengiriman barang adalah seluruh area DKI Jakarta, Kota dan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor hanya di kecamatan Parung Panjang, Rumpin, Gunung Sindur, Ciseeng, Parung, Kemang, Tajur Halang, Bojong Gede, Sukaraja, Cibinong, Citeureup, Kelapa Nunggal, Gunung Putri, Cileungsi, Ciomas dengan maksimal jarak pengiriman sebesar 30 (tiga puluh) kilometer.
  2. Untuk layanan Instant Delivery biaya Pengiriman adalah Rp2.500 per kilometer dengan minimal biaya pengiriman Rp15.000.
  3. Untuk layanan Instant Delivery, batas waktu driver akan datang untuk mengambil barang setelah penjual request Pick Up adalah maksimal 1 jam, dan barang harus sampai maksimal 3 jam setelah penjual request Pick Up.
  4. Untuk layanan Instant dan Same Day delivery, ukuran maksimum produk yang bisa dikirim adalah 50 cm (panjang) x 50 cm (lebar) x 50 cm (tinggi) dan maksimum berat produk 10 kg.
  5. Biaya pengiriman untuk layanan Same Day Delivery adalah Rp20.000 (Flat).
  6. Pada layanan Same Day Delivery, batas waktu driver akan datang untuk mengambil barang setelah request Pick Up adalah maksimal 3 jam, dan barang harus sampai maksimal 6 jam setelah request Pick Up.
  7. Untuk layanan Same Day Delivery, jika di hari yang sama pesanan belum di pick up  oleh driver sehingga dapat mengakibatkan terjadinya pembatalan order baik itu melalui driver, customer service, atau jasa pengiriman pick up yang dipilih, maka sistem Tokopedia akan melakukan pergantian jasa pengiriman pick up lain secara random. Namun, pergantian jasa pengiriman pick up tersebut tersedia dalam kuota yang terbatas dengan mempertimbangkan wilayah cakupan pengiriman dan tarif pembayaran.
  8. Khusus untuk layanan Instant dan Same Day Delivery barang sudah termasuk asuransi, dan pemberian ganti rugi kepada customer maksimum sebesar nilai barang yang rusak dan/atau hilang dan/atau cacat atau sebesar Rp10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).
  9. Khusus untuk layanan Instant dan Same Day Delivery barang sudah termasuk asuransi, dan pemberian ganti rugi kepada customer maksimum sebesar nilai barang yang rusak dan/atau hilang dan/atau cacat atau sebesar Rp10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).
Layanan Next Day Delivery
  1. Biaya pengiriman untuk layanan Next Day Delivery adalah Rp8.000/kg, dengan maksimum berat produk 20 kg dengan maksimum volume barang 45cm x 45cm x 45cm.
  2. Untuk Layanan Next Day Delivery, dukungan asal pengiriman (Origin) mencakup seluruh area DKI Jakarta dan untuk tujuan pengiriman (Destination ) ke area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi, (Jadetabek) tanpa maksimal jarak pengiriman.
  3. Pada layanan Next Day Delivery, batas waktu driver akan datang untuk mengambil barang setelah request Pick Up adalah 3 jam dan barang harus sampai ke pembeli maksimal H+1 setelah pengiriman barang).
  4. Daftar Barang yang tidak dapat dikirim menggunakan layanan Next Day Delivery:
    a. Barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau oleh pejabat yang berwenang atau barang yang memerlukan lisensi atau izin tertentu dari pejabat yang berwenang untuk dikirimkan.
    b. binatang dan tumbuhan hidup, termasuk hasil olahan binatang dan tumbuhan yang dilindungi.
    c. Barang yang ilegal atau berbahaya atau barang-barang curian, jenazah/abu jenazah, senjata api dan atau yang menyerupainya, senjata tajam, peralatan judi dan sejenisnya, termasuk namun tidak terbatas pada barang-barang yang mengandung bahan berbahaya atau beracun, obat-obatan atau material terlarang/illegal.
    d. uang tunai dan surat atau dokumen berharga lainnya (cek, giro, efek, obligasi, saham, sertifikat, tiket pesawat, B/L, L/C, credit card, Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor asli atau sejenisnya).
    e. surat warkat pos, kartu pos, buku nikah asli, paspor, ijasah asli dan dokumen tender.
    f. barang cetakan, rekaman atau barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan dan dapat mengganggu stabilitas, keamanan dan ketertiban umum.
    g. Barang-barang yang dapat membahayakan kurir saat proses pengiriman seperti bahan kimia yang bersifat mudah terbakar atau meledak, menimbulkan iritasi dan beracun pada tubuh manusia, cairan kimia korosif, bahan beracun dan barang berbahaya lainnya (Dangerous Goods) atau objek lainnya yang tergolong sebagai bahan berbahaya beracun (B3).
  5. Khusus untuk layanan Next Day Delivery, Grab menyediakan opsi asuransi atas kehilangan produk dalam proses pengiriman dengan nilai tanggungan sebesar harga produk, selama produk tersebut sesuai dengan informasi yang diberikan. Nominal penggantian akan dihitung berdasarkan struk pembelian dan/atau mengacu kepada nilai wajar harga produk. Besaran premi adalah sebesar 0.25% dari nilai kiriman dengan maksimum nilai barang yang dapat diasuransikan adalah Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah) per pengiriman.
  6. Pengirim wajib menuliskan nilai barang di dalam Waybill apabila pengiriman akan diasuransikan.
  7. Khusus untuk kiriman berharga seperti emas, nilai yang dikurangi sebesar Rp500.000 dari nilai pertanggungan per Waybill.
  8. Pengiriman yang tidak diasuransikan hanya mendapatkan penggantian setinggi-tingginya 10 kali biaya kirim atau seharga nominal barang sesuai dengan nilai yang lebih kecil.
  9. Grab berhak menolak barang yang tidak diasuransikan.
  10. Jenis barang yang tidak dapat diasuransikan:
    a. Perhiasan berharga dan batu mulia.
    b. Makanan dan minuman yang mudah rusak atau perlu penanganan khusus.
    c. Obat-obatan, alkohol, dan narkotika.
    d. Surat-surat berharga.
    e. Barang-barang yang termasuk kedalam kategori larangan kiriman.
  11. Grab tidak bertanggung jawab dan tidak memberikan penggantian atas hal hal sebagai berikut:
    a. Bila isi kiriman tidak sesuai dengan keterangan pengakuan isi kiriman.
    b. Resiko teknis apapun yang terjadi selama pengiriman yang menyebabkan barang yang dikirim tidak berfungsi atau berubah fungsi, baik yang menyangkut mesin atau sejenisnya ataupun barang barang electronik lainnya seperti TV, radiotape, computer, handphone, tablet dan barang lain yang sejenis.
    c. Barang-barang kebutuhan untuk pengobatan/medikal.
    d. Bila terjadi kesalahan teknis pelayanan pengiriman barang yang mengakibatkan kerugian non material.
    e. Kebocoran, kerusakan atau pembusukan akibat kemasan/pembungkus (packing) yang kurang baik.
    f. Kerugian/kerusakan dari perbuatan yang disengaja (willfull act), termasuk penggelapan.
    g. Kerugian/kerusakan dikarenakan bocor, susut berat/isi dan keausan dari barang yang diasuransikan.
    h. Kerugian/kerusakan akibat sifat alamiah dari barang itu sendiri, termasuk bunga, tanaman, makanan basah, bunga es, dry ice, dan barang-barang yang memerlukan suhu terjaga.
    i. Kehilangan kesempatan memperoleh keuntungan akibat dari kerusakan, kehilangan dan keterlambatan penyerahan barang.
    j. Keterlambatan pengiriman ke kota tujuan dan kehilangan atau kerusakan karena keadaan memaksa (force majeur) yang tidak terbatas pada huru hara, bencana alam, perang, pembajakan, kebakaran radio aktif, perampokan, dan kejadian kejadian sejenis.
    k. Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh penahanan dan penyitaan atau pemusnahan terhadap suatu jenis barang kiriman yang dilakukan oleh instansi pemerintah yang berwenang seperti Bea Cukai, Karantina, Kejaksaan dan instansi instansi lainnya baik dalam wilayah hukum Indonesia maupun negara tujuan. Denda, kehilangan, kerusakan Kiriman selama berada dalam Penahana/Penyitaan menjadi tanggung jawab pengirim;
    l. Kerugian/kerusakan akibat keterlambatan alat angkut.
    m. Kerugian/kerusakan yang timbul akibat dari ketidakmampuan keuangan (insolvency) dari pemilik alat angkut atau pengoperasian.
    n. Kerugian/kerusakan yang timbul akibat senjata atom, nuklir dan radio aktif.
    o. Kerugian/kerusakan akibat tidak layak pakai alat angkut.
    p. Kerugian/kerusakan akibat oleh perang, perang saudara, pemberontakan, revolusi, pergolakan sipil, dan tindakan permusuhan terhadap penguasa.
    q. Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh bahan-bahan ranjau yang membahayakan, torpedo, bom atau senjata perang yang berbahaya.
    r. Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh pemogokan, pemberhentian pekerjaan, atau perbuatan seseorang dalam rangka gangguan pekerjaan, kerusuhan, huru-hara dan pergolakan sipil.
    s. Kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh teroris dan tindakan-tindakan yang berlatar belakang politik.
  12. Semua tuntutan penggantian atas klaim yang diajukan wajib melampirkan:
    a. Surat pernyataan klaim berikut perincian barang yang rusak atau hilang dengan menyebutkan nomor Waybill dari Kiriman tersebut.
    b. Fotokopi KTP pengirim (untuk pengiriman atas nama pribadi).
    c. Foto barang yang rusak.
  13. Grab hanya akan menerima klaim atas kerusakan barang 7x24 jam setelah barang diterima. Sedangkan untuk barang yang hilang Grab hanya akan menerima klaim 7 (tujuh) hari setelah tanggal pengiriman.

Customer Service
https://www.facebook.com/grabid

MULAI 8 MARET 2018 LAYANAN GRAB NEXT DAY DIHENTIKAN OLEH TOKOPEDIA




Untuk POS INDONESIA

Untuk memastikan Kode Pos alamat kamu sesuai dengan database di Pos Indonesia, silahkan KLIK DISINI

(setelah di klik Tunggu 5 detik, lalu klik tulisan "SKIP AD" di pojok kanan atas)


Sebagai Contoh...

1. Di Kotak/Form Asal * (Dicontohkan adalah Lokasi PENJUAL BARANG). 
Masukan Kota PENJUAL. Masukan/Ketikan nama Kecamatan dengan Ejaan yang benar. Jika Benar nanti akan muncul pilihan dengan format
Kelurahan, Kecamatan, Nama Kota/Kabupaten, Kode Pos.
(Kel. , Kec. , Kota/Kab.- Nomor KODE POS) 

contoh tampilan formatnya akan seperti gambar dibawah ini'


Jika nama Kelurahan, Kecamatan, Nama Kota/Kabupaten, sudah sesuai dengan alamat Penjual, tinggal di pilih/Klik


 2. Di Kotak/Form Tujuan * (Dicontohkan adalah ALAMAT kamu sebagai PEMBELI BARANG).


Masukan Kota PENJUAL. Masukan/Ketikan nama Kecamatan dengan Ejaan yang benar. Jika Benar nanti akan muncul pilihan dengan format
Kelurahan, Kecamatan, Nama Kota/Kabupaten, Kode Pos.
(Kel. , Kec. , Kota/Kab.- Nomor KODE POS)
contoh tampilan formatnya akan seperti gambar dibawah ini'



Jika nama Kelurahan, Kecamatan, Nama Kota/Kabupaten, sudah sesuai dengan alamat kamu, tinggal di pilih/Klik.

Lalu pastikan kode pos yang dimasukkan pada AKUN TOKOPEDIA milik kamu sudah tepat dan sesua dengan data yg diinput/dicari diatas
.
Pada Akun Tokopedia Kamu,
Klik Menu "Pengaturan", Klik "Daftar Alamat", Klik Tulisan "UBAH" ,
Ubah Kode Pos, Nama Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten.


Pastikan Nama Jalan, Gang, Dusun, Nama Perumahan/Kantor, Nomer rumah, Blok, RT dan RW tertulis lengkap

Sesuaikan dengan yg ada di Database Kode Pos Indonesia, yang tadi muncul/kamu isikan

Masukan kata sandi/password TOKOPEDIA MILIK KAMU, lalu klik SIMPAN

Silahkan mencoba membeli barang tertentu, dan pada pilihan KURIR PENGIRIMAN kini kamu bisa merubah ke  Kurir POS INDONESIA, Jika masih belum bisa, maka mintalah Penjual untuk mengaktifkan kurir POS INDONESIA di Tokonya


dan sekarang kamu bisa memilih jasa Pos Indonesia (Paket Biasa, Kilat Khusus, dan EXPRESS)
Atau GO-JEK (Ada tidaknya Go-Jek tergantung Lokasi KOTA tempat kamu tinggal)

notes: Mulai awal 2017 layanan Paket Pos Biasa tidak diizinkan pihak Tokopedia, padahal layanan Paket Pos Biasa tarifnya paling murah dibanding kuriri lainnya dan cocok untuk paket-paket besar 


(BACA JUGA:
Arti Status Pengiriman (Tracking) Paket Pos Indonesia)




LAYANAN ASURANSI PENGIRIMAN SEMUA KURIR DI TOKOPEDIA

Tokopedia selalu berusaha untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk para penggunanya. Termasuk untuk meminimalisirkan risiko yang tidak diinginkan saat proses pengiriman barang. Layanan Asuransi Pengiriman telah hadir di Tokopedia untuk melindungi barang kiriman dari kerusakan maupun kehilangan yang dapat terjadi selama berada di perjalanan. Asuransi Pengiriman yang sebelumnya merupakan tanggung jawab dari masing-masing ekspedisi kini telah mengalami perubahan dimana semua Asuransi Pengiriman akan melalui Tokopedia (Terkecuali Pengiriman Wahana diatas Rp 300.000).

UUntuyk detailnya silahkan KLIK DISINI




CATATAN: KURIR/LAYANAN TERTENTU BISA DIHAPUS SEWAKTU-WAKTU OLEH TOKOPEDIA

pilih kurir sesuai dompet dan Kebutuhan yang kamu mau

SEMOGA BERMANFAAT INFO DAN TIPS YANG SAYA BERIKAN.....

ADS/DONASI BLOG :

BANK BNI/BNI Syariah (Kantor Cabang SYARIAH BANDUNG)
atas nama:
Nama : AGUNG Y D
No. Rekening : 0326970275

(semoga pahala kalian mengalir atas postingan/artikel bermanfaat di blog ini bagi yg membaca & mengamalkannya):

atau

 
Like us on Facebook