MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

September 17, 2013

Penjelasan Lengkap Mengenai Versi, Kelebihan dan Fitur Windows 8.1

Baca Artikel Lainnya

Windows 8.1 bisa dibilang sebagai Service Pack (SP) 1 nya dari Windows 8, artinya ada beberapa sisi penyempurnaan fitur dari Windows 8. Sebelumnya sudah pernah saya bahas di postingan sebelumnya
http://agunkzscreamo.blogspot.com/2012/10/penjelasan-lengkap-mengenai-versi.html
Versi Windows 8.1 RTM inilah yang akan dirilis resmi oktober 2013 nanti. 





Versi Lengkap dan Resmi dari Windows 8.1
  • Windows 8.1 (Core, Core N, Core Single Language)
  • Windows 8.1 Pro (Windows 8.1 Pro, Windows 8.1 Pro N, Windows 8.1 Pro WMC)
  • Windows 8.1 Enterprise
  • Windows 8.1 RT/ARM (Untuk Tablet)
Versi tertinggi dan dilengkapi fitur lengkap adalah Windows 8.1 Enterprise

Windows 8.1 yang saya bahas disini adalah versi RTM alias versi Finalnya yaa..
Kalo ada yang mamerin Windows 8.1 trus ada embel-embel/tulisan Previewnya di "My Computer"/ PC infonya kayak salah satu contoh  itu bukan versi RTM alias bukan versi yg Final, versi yang itu masih banyak bugs. ni contoh gambarnya



dan Berikut ini adalah tampilan versi RTM alias versi Final Windows 8.1 yang bakal rilis bulan oktober nanti,

http://cdn2.ubergizmo.com/wp-content/uploads/2013/08/win81-rtm-desktop.jpg

Saat postingan ini ditulis
Produk key Windows 8 tidak bisa dipakai di Windows 8.1 untuk melakukan aktifasi, untuk melakukan upgrade dari Windows 8 ke Windows 8.1 harus menggunakan lisensi/produk key yang asli (Retail Key). kalau kedetek palsu, Windows 8.1 kalian akan langsung hitam dan sering shutdown sendiri. Gak usah nanya cara aktifasi atau minta produk key, atau yg aneh lainnya yaa.., nanti blog saya di blacklist /dibaned sama mesin pencari om google dan mesin pencari lainnya lagi :PSilahkan cari sendiri caranya...

CARA UPADATE WINDOWS 8 KE WINDOWS 8.1

Silahkan cek link ini http://10507276.blog.unikom.ac.id/update-windows-8-ke.6uj



CARA AKTIFASI GENUINE WINDOWS 8.1

Saat artikel ini di post, metode aktifasi melalui KMS Server tidak diijinkan di Windows 8.1, hanya 2 metode dibawah ini yang bisa dilakukan untuk melakukan aktifasi genuine di Windows 8.1

  • Aktifasi online dengan memasukan produk key yg biasanya disertakan didalam box Windows 8.1
  • Telepon Call Center Microsoft

w8phoneactivation6.png


Setelah proses aktifasi Windows 8.1 selesai maka akan muncul tampilan dibawah ini



Cara Mengetahui, Mengecek Windows 8.1 Asli atau Genuie


Kalau kalian gak ngelakuin aktifasi di Windows 8.1, gejalanya sama kok seperti Windows 8 yang udah pernah saya posting sebelumnya :)




Penjelasan Upgrade Dari Windows 7 ke Windows 8, Windows 8.1

Untuk Update dari Windows 8 ke Windows 8.1 lewat Windows Store, belum ada mekanisme resminya saat postingan ini saya tulis, apakah harus memasukan dulu produk key resmi untuk proses aktifasinya, atau apakah sama seperti ketika mengupgrade dari Windows 7 ke Windows 7 SP1 yang tinggal update dari Windows Update.
Nanti saya pantau kalau udah ada keputusan dari pihak mereka, bakalan saya update disini


Pengguna Windows XP, dan Vista akan kehilangan file pada drive instalasi Windows seperti file, settings dan juga aplikasi/software-softaware yang telah diinstal

“Windows 8.1 is not designed for installation on devices running Windows XP or Windows Vista. Although not designed or recommended for devices running Windows XP or Windows Vista, consumers still wanting to upgrade from Windows XP or Windows Vista should buy the retail DVD instead of using the download and boot from the DVD to do a clean install of Windows 8.1,”
Setup Windows 8.1 tidak akan dapat dijalankan saat kalian memasukan kaset Windows 8.1 pada saat Windows XP/Vista sedang dijalankan , kalian harus memasukan/mengganti booting ke CD/DVD, dan menginstalnya melalui booting, maka nanti Windows 8.1 akan menecek segala hardware dan prosessor komputer/laptop kalian bisa diinstal Windows 8.1 atau tidak, jika tidak bisa diinstal maka komputer/laptop kalian tampilannya akan berwarna biru.


Berikut ini adalah penjelasan upgrade dari versi Windows 7 ke Windows 8/8.1, dengan catatan Windows milik kalian genuine/asli atau kalian mempunyai product keynya,





  • Windows 7 Starter
  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Home Premium
You can upgrade to Windows 8 Pro and keep Windows settings, personal files, and applications from the following Windows operating system editions:
  • Windows 7 Starter
  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Home Premium
  • Windows 7 Professional
  • Windows 7 Ultimate
You can upgrade to Windows 8 Enterprise (Volume License) from the following operating system editions:
  • Windows 7 Professional (Volume License)
  • Windows 7 Enterprise (Volume License)
  • Windows 8 (Volume License)


Windows 8.1 updaTes tersedia di Windows Store, atau pada kaset Windows 8/8.1, saat kalian melakukan Upgrade di Windows 8.1 di store, maka versi Windows 8 kalian tidak akan bisa diupgrade.

Upgrading to a different edition of Windows 8.1 is supported from media only.

Volume license versions of Windows 8, Windows 8 Enterprise, and Windows 8 Enterprise Eval versions cannot be upgraded from the Windows Store. You must use media to upgrade these editions.
You must upgrade to Windows RT 8.1 from Windows® RT by using the Windows Store. Media is not available for Windows RT 8.1 upgrades. 

The following editions are supported:
You can upgrade to Windows 8.1 and keep Windows settings, personal files, and applications from the following Windows operating system editions:
  • Windows 8
You can upgrade to Windows 8.1 Pro and keep Windows settings, personal files, and applications from the following Windows operating system editions:
  • Windows 8
  • Windows 8 Pro
  • Windows 8 Pro with Media Center
You can upgrade to Windows 8.1 Enterprise (Volume License) from the following operating system editions:
  • Windows 8 Pro
  • Windows 8 Pro with Media Center
  • Windows 8 Enterprise
You cannot upgrade or keep your Windows settings, personal files, or applications if you are performing a cross-language installation. You can only keep your personal files during a cross-language installation by using Windows 8 Setup.



PENJELASAN UPGRADE KE WINDOWS 8.1 SILAHKAN LIHAT TABEL GA,BAR DIBAWAH INI 

Maksud Upgrade disini  adalah kondisi komputer yg sudah terinstall Windows, terus pingin menggunakan Windows versi diatasanya. bukan dengan memformat/booting dari BIOS , kalau itu bukan Upgrade.. dalam istilah komputer hal itu dikenal dengan nama Clean Install.


Buat pengguna Windows 8 yang mau Upgrade ke Windows 8.1 liat rincian gambar tabel dibawah ini (klik gambar dibawah untu memperbesar)


Apa yang harus dilakukan setelah instal Windows 8.1 ?
  • Instal .NetFramework 3.5 dan juga versi terbarunya, biasanya beberapa driver/software/games gak mau dijalanin karena framewroknya gak terinstall.
  • Intsal Java Runtime Envirunment (JRE) terbaru untuk keamanan dan kenyamanan penggunaan Windows 8.1
  • Instal driver laptop/komputer yang pernah di pakai di Windows 7, lebih bagus kalau ada rilis yang paling baru
  • Segera update dari Windows Update agar sistem lebih aman, stabil, dan bisa diinstal aplikasi/software/game yang terbaru. Buka Control Panel > Windows Update > Klik Check for Updates . Install (tunggu 100%)> Restart
  • Perlu diingat, ada berberapa aplikasi/software/game/driver yang perlu dilakukan klik kanan dan juga "Run as Administrator", atau yang ada di Start Screen. Hal ini dilakukan microsoft untuk meminimalisir serangan virus yang akan menyerang sistem. 
  run as admin windows 8 1 agunkzscreamo blog
  • Kalau kalin pilih anti virus favorit kalian, jangan lupa disable Windows Defender biar kinerja komputer Windows 8.1 gak berat.
  • ketahui software-software yg kalian instal itu ada yang langsung jalan otomatis pas komputer dijalanin,
    sehingga akan menghabiskan RAM.
    Kalian bisa gunakan CCleaner atau melihat di Task Manager> Tab Startup, services,
    Untuk mengetahui aplikasi apa aja yang dijalanin otomatis, kalian bisa Disable atau menonaktifkan program/services tertentu (hanya untuk yg udah ngerti sistem operasi). agar booting/ pas pakai Windows 8.1 jadi gak berat
     


Pasti kalian bertanya-tanya tentang apa yang membedakan Windows 8 dan Windows 8.1,
Berikut ini adalah kelebihan dan fitur lengkap dari Windows 8.1


1. Penambahan Logo Start Menu di Taskbar dan Logo akses di Start Screen untuk mengakses aplikasi/software yang diinstal di komputer/laptop



Tadinya sebelum Instal Windows 8.1 RTM, saya berpikir tombol Start Menu (Logo Putih Windows) nya kayak yang di Windows 7, tapi ternyata bukan..
Tombol Start tersebut untuk mengakses Start Screen, dibawahnya ada tombol panah, tombol panah itu untuk mencari software yg diinstal dikomputer/laptop kalian.
Kalian bisa mencari software yang terinstal dengan menyortitnya berdasarkan nama, paling sering digunakan

atau
Cara cepat kalau aplikasi/software di laptop/komputer kalian banyak:
1. Klik tombol panah
2. Arahkan kursor ke kotak pencarian
ketikan kata awal aplikasi yg ingin kalian buka.


Mungkin yang ngeluh-nngeluh belum terbiasa dan masih keukeuh pingin start menu kayak yang ada Windows 7, lama-lama juga bakalan terbiasa kok dengan fitur Start Menu yang lebih modern.







2. Start Screen


  • Penambahan resize ukuran aplikasi di start screen
  • Penambahan fitur ramalan cuaca
  • Penambahan fitur Alarm 
  • Bisa menjadikan Desktop Wallpapper/gambar favorit kalian untuk dijadikan background di Start Screen
  • Tampilan Windows Store yang lebih baik
  • Ada 2 animasi background di Start Screen Windows 8 
  • dan banyak lagi lainnya.

3. SkyDrive
Skydrive adalah sebuah media penyimpanan data, online dari Microsoft, pada Windows 8.1 sudah disematkan agar ketika kalian terhubung ke internet, kalian bisa nyimpen data secara online.

4. This PC

Jika versi Windows terdahulunya diisi dengan tulisan "My Computer", maka kali ini di Windows 8.1 menjadi "This PC"



Fitur Search

Ukuran fitur search terintegrasi ke initernet, dan ukurannya tidak menutupi seluruh layar seperti yang terjadi di Windows 8




Fitur Skype
Skype sudah terinstal di Windows 8.1

Dual Screen

Fitur ini memungkinkan kalian membuka 2 buah tampilan dalam satu layar, atau bisa lebih tergantung resolusi layar dan kemapuan VGA sebagai contohnya sisi layar kanan membuka Microsoft Word sedangkan layar kanan Membuka Browser Firefox. Jadi kalian gak usah repot-repot ngelakuin minimize.




Windows Experience Index
Fitur ini dihilangkan di Windows 8.1

Touch Keyboard

Berisi keyboard virtual untuk jaga-jaga kalau suatu saat keyboard kalian rusak/mati, atau agar lebih aman saat bertransaksi dari sadapan hacker. Touch keyboard ini juga berisi berbagai emoticon/emoji yg bisa digunakan di status/melakukan komen  Facebook
Cara memunculkannya: Klik Pada Taskbar Windows 8/8.1 kalian, Klik Menu Toolbar > Touch Keyboard





Help + Tips

Windows 8 banyak dikritik karena perubahan UI nya yang drastis sehingga membingungkan pengguna Windows. Mungkin itulah alasan ditambahkannya aplikasi Help + Tips di Windows 8.1. Aplikasi ini berisi tutorial dasar tentang cara penggunaan Windows 8.1

Fitur Maintenance In Progress 

Fitur ini berguna untuk mengcek sistem Windows 8.1 jika ada masalah





Yahoo Mail Windows 8.1

Bisa ganti background/latar belakang email






Silahkan pasang foto facebook profil kalian yang paling kece, soalnya foto kalian akan muncul bagi orang yang menggunakan sistem operasi Windows 8/ Windows 8.1 di Start Screen

Fitur lainnya di Windows 8.1 silahkan di explore sendiri, biar tau bedanya sama Windows 8


Windows Update yang terinstall saat artikel ini di post ada sekitar 50 update






Berikut ini adalah fitur lengkap, perbedaan dan juga kelebihan dari Windows 8.1, Windows 8.1 Pro dan Windows 8.1 Enterprise


Kekurangan Windows 8.1

  • Agak ribet pas saya aktifasi genuine, butuh 2 cangkir kopi bwt aktifasi genuine (You know what I mean :p  )
  • Kalau laptop/pc Windows 8.1 kalian sering Not Responding/Nge-Freeze (mouse gak bisa digerak-gerakin), artinya spesifikasi hardware (processor + RAM) harus lebih dari yang sudah ada/ tertanam di PC/laptop milik kalian.
  • Kalau ada hardware yang diganti, kalian harus aktifasi ulang, maka dari itu kalian harus langsung backup aktifasi genuine nya. 
  •  



Pengalaman Saya Menggunakan Windows 8.1


  • Windows 8.1 lebih smooth, futuristik, dan nyaman saat digunakan
  • Gak ngebosenin, terutama yg sering pakai laptop.komputer berjam-jam kaya saya, karena berbagai animasinya yg kece. Kalao geser  kursor ke layar atas, bawah, kiri, kanan semuanya memiliki fungsi
  •   Sistem kemanan yang lebih baik >> http://10507276.blog.unikom.ac.id/sistem-operasi.6rv
  • Semua software, driver dan game bisa dijalankan di Windows 8.1 asalkan kalian jangan lupa update terbaru .NET Framework, driver dan juga hal lainnya yang diperlukan
  • Ada beberapa software dan game yg memerlukan klik kanan "Run as Administrator" demi keamanan dan juga menghindari sistem komputer terkena virus. 
  • Buat yang sering pakai softwrae/game pak tani, disable Windows Smart Screen/UAC, Windows Defender biar bisa software/game bisa ngejalanin patch/ cr##ck.
  • Biasanya orang yang sering bilang Windows 7 lebih bagus dibanding Windows 8.1 kurang ngerti sistem operasi :P
  • Semua modem kompatible di Windows 8.1
  • Silahkan di explore sendiri biar gak kelihatan GapTek kalo ada temen kamu yang udah pake Windows 8.1, terus kamu pake/pinjem komputer atau laptopnya :D
  • Saya rasa suatu saat nanti, ini OS Windows 8 bakalan di kombinasiin /maksimalin sama Windows Phone biar saling terintegrasi (cuma ngira-ngira sih)
  • Buat yang belum bisa Move On dari Windows XP /Windows 7, jangan salahin kalau nanti kalian keliatan GapTek ketika harus menggunakan WIndows 8 punya temen, di tempat umum atau tempat lainnya yaaa.. ^_^. Windows XP bentar lagi pensiun, WIndows 7 pensiun di 2015 atau tergantung keputusan Microsoft., Dampak dari Windows yang pensiuan itu yaa softwware/hardware baru bakalan gak bisa dijalanin. kalo masih gak mau move on ke Windows 8,coba pakai Linux
  • Kalau ada yg bilang Win 8 kayak Windows Vista/produk gagal, mereka itu gak tau detail sistem operasi
  •  Windows 8 Enterprise lebih ringan digunakan daripada versi Pro, saya uji coba di laptop saya dari segi booting Windows 8 Enterprise membutuhkan sekitar 5 detik untuk menyala dan ringan, mungkin karena ada fitur BrancheCachenya
  • hal lainnya nanti saya update kalau lagi ada waktu...
  •  
UPDATE 8 MARET 2014

Windows 8.1 Spring 2014 Update (Windows Feature Pack)

Windows 8.1 Update 1 bisa kalian download secara gratis pada Windows Update sekitar pada tanggal 8 April 2014 ukuran filenya dibawah 1 GB

http://regmedia.co.uk/2014/03/07/windows_update_leak.jpg

Berikut ini adalah versi Windows 8.1 Update 1 RTM yang akan dirilis pada bulan April mendatang ^_^

Windows 8.1 Update 1, installer

Windows 8.1 Update 1 ini lebih smooth, futuristic + lebih ringan dan ngacir, oke bwt Game / jalanin program lainnya..
Kalo gak percaya,
Coba kamu jejerin Laptop Temen kamu yg pakai Windows XP, Win 7 Linux sama Mac
Terus suruh temen kalian nyalain bareng-bareng..  Om Gatot Bye


http://s20.postimg.org/m4ykrky0t/Windows_8_1_Update1_agunkzscreamo_4_blog.gif

Windows 8 1 Update1 agunkzscreamo 20

http://winsupersite.com/site-files/winsupersite.com/files/imagecache/large_img/uploads/2014/03/update1-hero.jpg



UPDATE 12 AGUSTUS 2014

Windows 8.1 August Update (aka Windows 8.1 Update 2) Sudah Bisa Di Download Gratis

Apa yang baru?

Precision touch pad improvements:
August update adds following new options in user settings to improve touch pad precision:
  • Leave touch pad on when mouse is connected
  • Allow right-click on the touch pad
  • Double-tap and drag
Miracast Receiver:
This update provides a set of Wi-Fi direct APIs for Hardware Vendors and OEM companies to develop Windows 32-bit applications that can run on all supported 32-bit (x86) or 64-bit (x64) versions of Windows 8.1 and can enable the Windows 8.1 computer as a Miracast receiver.
Minimizing login prompts for SharePoint Online:
This update reduces the number of login prompts while accessing SharePoint Online sites. If the user enables the "Keep me signed in" check box while logging on for the first time, he'll not see prompts for successive access to that SharePoint Online site.
Download Windows 8.1 August Update (aka Windows 8.1 Update 2)


Download August Update (KB2975719) for Windows 8.1 (32-bit) (100 MB)
Download August Update (KB2975719) for Windows 8.1 (64-bit) (170 MB)

There are 2 update files available for download on each page: Windows8.1-KB2975719.msu and Windows8.1-KB2990532.msu. You need to download and install both of them. You can install the updates in any order.


Silahkan atur Start SCreen dan lainnya agar Desktop kalian terlihat lebih modern dan tidak kaku..
ENJOY EVERYTHING AT ONCE Peace



Windows 8.1 Ships With Skype Pre Installed




Video Review Windows 8.1 




LANJUT ?
PENJELASAN, LENGKAP Mengenai Versi, Kelebihan dan Fitur Windows 10 KLIK LINK DIBAWAH
http://agunkzscreamo.blogspot.com/2015/07/penjelasan-lengkap-mengenai-versi.html

maaf kalo tulisannya masih acak-acakan dan gak ada gambarnya..
silahkan bookmark/LIKE aja dulu blog saya ini..
nanti saya bakalan terus update penjelasan lebih lengkap tentang Windows 8.1 
kalo sayanya ada waktu buat nge blog ^-^

 
Like us on Facebook