MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

July 30, 2015

Penjelasan Lengkap Mengenai Versi, Kelebihan dan Fitur Windows 10

Baca Artikel Lainnya

Microsoft akan secara resmi meluncurkan update sistem operasi terbarunya, Windows 10 pada hari ini, Rabu (29/7/2015). Windows 10 rencananya akan tersedia secara serempak di 190 negara, termasuk Indonesia.

Apa kabar ? pasti pengguna yang dari Windows XP/Windows 7 langsung ke Windows 10 bingung
Sebelumnya saya  pernah review Windows 8.1 http://agunkzscreamo.blogspot.com/2013/09/penjelasan-lengkap-mengenai-versi.html

Menurut keterangan resmi Microsoft, mereka yang menggunakan Windows 7, Windows 8.1, dan Windows Phone terbaru akan mendapatkan update secara gratis ke Windows 10.
Tak hanya itu, menurut laporan yang dilansir laman Reuters, Microsoft juga akan menggratiskan update Windows 10 bagi para pengguna sistem operasi Windows bajakan. Namun patut dicatat, kebijakan ini hanya berlaku bagi para pengguna di China.

Windows 10 akan ditawarkan secara gratis bagi pengguna Windows. Mereka yang menggunakan Windows 7, Windows 8.1, dan Windows Phone terbaru akan mendapatkan update secara gratis ke dalam Windows 10.

Namun, upgrade ini hanya gratis untuk pemakaian 1 tahun pertama, dan mungjin bakal dikenakan biaya di tahun berikutnya jika ingin upgrade.


RILIS TIPE/VERSI/JENIS RESMI WINDOWS 10

  • Windows 10 Home
  • Windows 10 Pro
  • Windows 10 Enterprise
  • Windows 10 Education
  • Windows 10 Mobile (Windows Phone OS)
  • Windows 10 Mobile Enterprise.(Windows Phone OS)
Berikut ini adalah versi dari Windows 10:

1. Windows 10 Home 
2. Windows 10 Home N 
3. Windows 10 Home Single Language 
4. Windows 10 Pro 
5. Windows 10 Pro N 
6. Windows 10 Education
7. Windows 10 Education N 
8. Windows 10 Enterprise
9. Windows 10 Enterprise N
10. Windows 10 Enterprise LTSB
11. Windows 10 Enterprise LTSB N

Untuk Windows 10 dengan Tambahan N

Seperti WIndows 8/8.1, Windows 10 seri N adalah khusus dipergunakan untuk wilayah tertentu/luar negeri


Additional infos about Windows 10 N Editions: "N Editions
Additional Windows 10 editions specially destined for the EU, Switzerland, and Korea have the letter "N" (for Not with Media Player) suffixed to their names (e.g. Windows 10 Enterprise N) and do not have media-related technologies like Windows Media Player or Camera. There are N editions for all Windows 10 versions except Mobile, Mobile Enterprise and IoT Core. Microsoft was required to create the "N" editions of Windows after the European Commission ruled in 2004 that it needed to provide a copy of Windows without Windows Media Player tied in. The cost of the N Editions are the same as the full versions, as the "Media Feature Pack" can be downloaded without charge from Microsoft.
Those editions lack at least the following functionality:
        Play or create:        Audio CDs        Digital media files        Video DVDs        Organize content in a media library        Create playlists        Convert audio CDs to digital media files        View artist and title information of digital media files        View album art of music files        Transfer music to personal music players        Record and play back TV broadcasts after        Internet Explorer does not include playback for:        Adaptive streaming        Digital Rights Management (DRM)
It is possible to add the missing functionality with third party software or with the Media Feature Pack, Groove Music and Xbox Video from Microsoft."



untuk versi Windows 10 Enterprise berikut varian dan perbedaannya:

  • CBB (Current Business Branch) Updates with market-tested updates, choosing to delay innovation updates by up to 90 days so they can first be tested thoroughly in the market. These will be accessible via Windows Update.
  • LTSB (Long Term Servicing Branch) Updates without delivery of new features for the duration of mainstream support (5 years) and extended support (5 years). For organisations with complex change control processes, or mission critical systems, can elect to delay updates, only receiving security updates and critical fixes. These will be available via Windows Server Update Service (WSUS).
KEBIJAKAN PRIVASI WINDOWS 10
Privacy Statement | Services Agreement [Microsoft] h/t to EDRI for flagging up a number of these issues.


Detail tabel mengenai fitur kelebihan dan kekurangan dari masing-masing versi Windows 10 bisa dipelajarai & didownload di link ini
(tunggu 5 detik, lalu klik tulisan "SKIP AD" dipojok kanan atas)

SPESIFIKASI MINIMUM/MINIMAL PC/KOMPUTER/LAPTOP/NOTEBOOK UNTUK INSTALASI WINDOWS 10

Silahkan klik disini 


CARA UPGRADE WINDOWS 7, WINDOWS 8/8.1 KE WINDOWS 10 FINAL RTM

Sebagai penegasan, perlu digarisbawahi bahwa Windows 10 disediakan oleh Microsoft secara gratis bagi konsumen yang melakukan upgrade dalam waktu satu tahun ke depan, terhitung sejak diluncurkan pada 29 Juli lalu.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa pengguna yang melakukan upgrade dari Windows 7, Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1 ke Windows 10 dalam masa satu tahun ke depan (hingga 29 Juli 2016), mereka bisa memiliki salinan Windows 10 yang asli secara gratis selamanya.

Lalu apa yang terjadi setelah masa satu tahun itu lewat?

Terry Myerson, Vice President of Operating Systems Microsoft menulis dalam blog resmi Microsoft dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.

"Kami mengumumkan upgrade  gratis Windows 10 bakal tersedia bagi konsumen yang menjalankan Windows 7, Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1 yang meng-upgrade-nya dalam masa satu tahun setelah diluncurkan," demikian tulis Terry.

"Setelah sebuah perangkat Windows di-upgrade ke Windows 10, maka kami akan terus memberikan dukungan (update) seumur hidup kepada perangkat tersebut, secara gratis," imbuh Terry.

Dengan demikian, pengguna yang melakukan upgrade dalam jangka waktu satu tahun ini akan tetap memiliki salinan Windows 10 yang orisinil, dan tetap mendapatkan dukungan update dari Microsoft.

Sementara pengguna yang saat in belum melakukan upgrade, dan baru melakukan upgrade setelah masa satu tahun tersebut habis, nampaknya bakal dikenai biaya. 
Perlu kalian tahu disini, upgrade adalah meninstal tanpa masuk BIOS, atau tanp memformat partisi hardisk sebelumnya. Contohnya saya punya Windows 7 atau Windows 8/8.1, kemudian saya masukin kaset /indows 10 Final RTM ke PC/Laptop, lalu saya klik file SETUP/instalasinya.



Berikut adalah syarat-syaratnya;
  1. Pastikan bahwa Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang sedang kalian gunakan sudah teraktifasi permanen.
  2. Gunakan Windows 10 versi RTMuntuk proses Instalasi/Upgrade
  3. Masukan kaset/Flashdisk Windows 10 RTM untuk melakukan UPGRADE.
  4. Pastikan Koneksi internet menyala saat proses upgrade
  5. Jika semua sudah terpenuhi, silahkan klik install upgrade
  6. Jika saat proses instalasi menanyakan instalation key, klik Do this later, pastikan koneksi internet tersambung. Jika key yang digunakan lolos server, maka akan teraktifasi secara otomatis
  7. Saat proses upgrade, sistem akan mengecek ke server lisensi windows 7, 8/8.1 yang sedang kalian gunakan. Jika lolos maka, proses instalasi bisa dilanjutkan hingga selesai.
selengkapnya tentang cara upgrade disini http://agunkzscreamo.blogspot.com/2015/08/cara-upgrade-windows-7881-ke-windows-10.html



TUTORIAL CARA INSTALL BARU/ULANG WINDOWS 10
(CLEAN INSTALL)


Klik disini http://agunkzscreamo.blogspot.com/2015/08/cara-instal-windows-10-final-di-laptop.html



HARGA WINDOWS 10 VERSI ORIGINAL DI INDONESIA

Klik Disini http://agunkzscreamo.blogspot.com/2015/08/harga-windows-10-original-indonesia.html



Cara Mengetahui dan Cek Windows 10 Asli / Genuine ~

Klik Disini http://agunkzscreamo.blogspot.com/2015/08/cara-mengetahui-dan-cek-windows-10-asli.html




CARA DISABLE WINDOWS DEFENDER DI WINDOWS 10

http://agunkzscreamo.blogspot.com/2015/08/cara-disable-windows-defender-di.html


MENGATASI START MENU/TOMBOL DI TASKBAR TIDAK BISA DI KLIK
1. Klik kanan tombol Start - Buka Command Prompt (Admin)
2. Ketik "Powershell" (tanpa tanda kutip) lalu enter
3. Paste command berikut kemudian enter
Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

4. Tunggu sampai Powershell selesai mengesekusi perintah dan abaikan jika ada beberapa error (warna merah) kemungkinan hanya Pop Up.
5. Kalau sudah selesai coba klik kiri start button, enjoy.

TIPS CARA MENGATASI SUARA/AUDIO YANG TIDAK MUNCUL DI WINDOWS 10 SETELAH UPGRADE
http://agunkzscreamo.blogspot.com/2015/08/cara-mengatasi-suara-audio-pada-windows.html



FITUR KEMBALI KE VERSI WINDOWS SEBELUMNYA SEBELUM DIUPGRADE

In order to roll back, you should click Settings found under the Start menu. Go to Update & Security and then click Recovery. Under the Recovery menu, click Get Started found under Go Back to Windows 8.1.. All done! You should be back to Windows 8.1..


BROWSER BARU MICROSOFT EDGE
Browser ini lebih ringan dan juga responsif dibandingkan dengan Internet Explorer, tapilannya juga lebih modern dan mengikuti tampilan Windows 10



TAMPILAN DESIGN APLIKASI EMAIL YANG BARU DAN SIMPEL

Berbeda dengan aplikasi Start Menu yang ada di Windows 8/8.1 maupun di Windows Store, Aplikasi Start Menu kini lebih ringan dan mudah terbuka juga disertai dengan berbagi fitur. Contohnya aplikasi email. Sebenarnya fiitur ini cocok digunakan bagi PC/Laptopnya  yang gak pernah dijamah sama orang lain, fitur ini akan sangat berguna
Kalau mau nambah aplikasi ke Start Menu di Windows 10, klik aja ke WIndows Store, cari aja aplikasi yang dratis, atau kalau punya uang bisa beli yang berbayar. Stelah selesai terinstal, cari di Start Menu aplikasi yg baru beres download dari Windows Store, lalu klik kanan > Pin To Start Menu

TAMPILAN NOTIFIKASI LEBIH BARU



DIRECTX 12

para pengguna Windows 7 tidak akan bisa ikut mencicipi API teranyar ini. Ya, DirectX12 tidak mendukung sistem operasi tersebut. Kenyataannya, 52% dari total pengguna sistem operasi Microsoft di dunia masih menggunakan Windows 7.

Microsoft tampaknya memang ingin serius untuk menggiring para pengguna sistem operasi mereka untuk menggunakan sistem operasi yang lebih baru, minimal Windows 8 atau 8.1. Beberapa waktu lalu, mereka juga mengumumkan penghentian penjualan Windows 7 dan 8 dengan tujuan membujuk para konsumen untuk menggunakan Windows 8.1.


Selain meningkatkan kualtias suara dan gambar untuk game secara signifikan, DirectX 12 nantinya juga akan lebih optimal berkat konsumsi daya yang rendah, di saat yang sama mengurangi panas yang dihasilkan oleh prosesor. Fitur ini memungkinkan DirectX 12 menjadi API yang tepat untuk terpasang di notebook. 
ABE


Sejarah DirectX 
Setiap game perlu melakukan tugas tertentu secara berulang-ulang. Ia perlu melihat input dari mouse, joystick, atau keyboard, dan ia perlu menampilkan gambar layar dan memutar suara atau musik. Itulah yang dilakukan setiap game pada tingkat yang paling sederhana. Bayangkan seberapa kompleks ini bagi programer pada awal arsitektur PC sebelum Windows.

Setiap programer perlu membuat cara mereka sendiri dalam membaca keyboard atau mendeteksi apakah joystick terhubung, dan hanya digunakan untuk bermain game. Bahkan diperlukan rutin khusus untuk menampilkan gambar paling sederhana pada layar atau memutar suara sederhana.
Pada dasarnya, programer game berbicara secara langsung ke hardware PC pada tingkat dasar. Pada waktu Microsoft memperkenalkan Windows, itu merupakan sangat penting bagi stabilitas dan kesuksesan PC di mana sesuatunya dipermudah baik bagi pengembang dan pemain. Lagipula, siapa yang mau menulis game untuk suatu mesin jika mereka harus menemukan kembali rodanya setiap kali mereka membuat game baru? Ide Microsoft adalah sederhana: hentikan programer berbicara secara langsung kepada hardware, dan sebagai gantinya buat toolkit umum yang dapat mereka gunakan. Dari sini lahirlah DirectX.
Teknologi ini kali pertama diperkenalkan pada tahun 1995 dan menjadi standar untuk pengembangan aplikasi multimedia pada platform Windows.  

KOK KENAPA DIRECTX DI LAPTOP/PC NYA BUKAN VERSI 12?
selama software n hardwarenya mendukung..
Karena kemampuan hardware VGA kalian beda-beda
biasaya untuk pc/laptop yg make dual vga kaya intel + NVidia misalkan.. yg terbaca di dxdiag hanya intel HD doank.. karna NVidia hanya terbaca saat membutuhkan grafis berat. Usahakan update driver VGA terbaru jika ingin terinstal DirectX 12 untu bisa memainkan game-game yg butug DirectX 12.
Bisa diliat versi DirecX nya di tampilan aplikasi Driver VGA bawaan




PENGALAMAN PERTAMA DENGAN WINDOWS 10

Pertama koneksi kalian akan terasa lemot kanapa? karena untuk WIndows 10 Pro, sistem akan mendownload Windows Updates dan juga update aplikasi Windows Store. Solusinya kalian beresin dulu semua Updatan Windows Update dan juga updatean Windows Store.

Cortana saat ini baru terdapat/rilis pada beberapa negara saja, negara lain akan menyusul. Saat ini baru terdapat di USA, UK, France, Spain, Germany, Italy, and China.  That’s seven of the 190 countries Windows 10 is launching in around the world. coming months” after Windows 10’s release, Cortana will be made available in Japan, Australia, Canada (English only), and India (English only). Later in the year, Cortana will be made available in Brazil, Mexico, and Canada (French).
fitur Cortana


Kelebihan Windows 10
  • Ringan dibanding Windows 8/8.1, kalo saya gak pakai anti virus, kalo laptop kalian kalau terasa berat disable/matikan Windows Defender, 
  • DirectX 12, DirectX 12 sangat cocok untuk bermain game, tampilan grafisnya sangat halus. tentunya fitur DirectX 12 ini juga harus didukung dengan VGA PC/Laptop kalian. Kalau PC/Laptop kalian gk support biasnya cuma muncul DirectX 11.2 di DxDiagnya


Kekurangan Windows 10
  •  Awal instalasi/Upgrade akan terasa berat, soalnya sistem melakukan update dari windows update, kalau mau  gak berat, pergi ke Windows Update, Pastika Semua yang muncul di WIndows Update gak ada lagi yang harus diinstal
  • Windows update pada Windows 10 Pro pengaturan defaultnya menjadi Automatic Updates. Sebenarnya ada triknya untuk menonaktifkannya, tapi saya gk akan share disini (nanti blog saya diblacklist search engine ^-^), silahkan googling aja. Windows 10 yang Windows Update nya bisa disetting manual upates adalah Windows 10 Enterprise
  • Windows Defender secara deafaultnya juga diset menjadi aktif,  meskipun kita sudah mematikannya. tapi 15 menit kemudian atau bebarapa menit kedepan, atau setelah komputer/laptop direstart/dimatikan ia akan hidup [ON] kembali, juga di Windows Updates akan muncul updates database virus terbaru yang harus didownload
  • Ada fitur Smartscreen yang juga bisa diaktifkan/dinonaktifkan. Smartcreen ini bisa menggangu/gagal instal jika menginstal sesuatu seperti games/software, caranya bua Control Panel -> Ketik di kolom search pojok kanan atas "Smartscreen" -> Klik Change Smartcreen Settings -> Klik Change Setting -> Pilih Don't Do Anything (turn off windows snartscreen) -> klik ok
  • Kalau setelah upgrade koneksi wifi ada tulisan Limited, artinya drivernya harus diupdate, kalo udah diupdate, restart PC/Laptop, Cek juga Windows Firewall, Anti virus, siapa tau yang ngebuat koneksi jadi limited dari aplikasi mereka

CATATAN:
1. Kalau setelah instal, upgrade dan melewati loading Windows, laptop kalian hitam atau cuma ada kursornya aja, artinya driver VGA PC/Laptop kalian gak support untuk windows 10. Solusi ? Gunakan aja driver bawaan Windows 10, masih fine-fine aja kok  Atau kalian juga bisa download driver-driver terbaru Windows 10

2. Kalau driver audio setelah Upgrade, gak ada suaranya coba uninstall >Restart PC/Laptop > Coba Install lagi. Kalau masih tetep coba download Driver Audio terbaru

3. Semua program software/ga,es  yang berjalan di Windows 8/8.1 rata-rata jalan di Windows 10. Jangan lupa klik Run as Admnistrator, Disable Windows Defender/ Windwos Smartscreen aja kalau misalnya ada masalah. Biasanya ada program yang meminta NET Fraworks, tinggak download + Install aja di Windows Update.



Halaman INI AKAN TERUS DIUPDATE
KALO SAYA ADA WAKTU LUANG..
SILAHKAN BOOKMARKS DULU AJA
MAAF KALAU MASIH ACAK-ACAKAN ^-^

 
Like us on Facebook